Berita

Rapat Sinergitas dilingkungan Kecamatan Bekasi Timur

30-01-2018 Berita TERKINI

Kecamatan Bekasi Timur menggelar rapat sinergitas di Aula Plaza Kecamatan Bekasi Timur, Selasa (30/1/18). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Bekasi Timur, Kasatlantas Polresto Bekasi Kota, Ka Puskesmas, Lurah, Para Kasi, dan Ka UPTD.

 

Kasatlantas Polresto Bekasi Kota, AKBP I Nengah Adi Putra, S.IK berharap Camat Bekasi Timur beserta jajarannya dapat bekerjasama dan berkolaborasi dalam pembentukan Kampung Sadar Lalu Lintas di wilayah Bekasi Timur. “Ide Kampung Sadar Lalu Lintas itu diawali dengan satu kondisi diluar sana dimana masih banyaknya kecelakaan dan pelanggaran yang terjadi di masyarakat dari tahun ke tahun. Bagaimana cara menekannya? Dimulai dengan kesadaran di masyarakatnya itu sendiri,” katanya.

 

Menurutnya, jika upaya ini hanya dilakukan satu instansi saja, dalam hal ini adalah Satlantas Polresto Bekasi Kota, ini tidak akan menyasar sampai ke akarnya. Maka timbulah ide Kampung Sadar Lalu Lintas, dimana kampung ini ditujukan untuk bagaimana merubah mindset masyarakat itu sendiri, terutama dari satuan terkecil, dimulai dari keluarga, RT/RW, Kelurahan lalu Kecamatan dan melebar ke seluruh Indonesia. “Kalau kita bersama-sama menyentuh konsep untuk menyadarkan, maka kedepannya diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang mengalami kecelakaan. Kami berharap bisa berkolaborasi dengan masyarakat yang ada di wilayah, untuk memberikan sosialisasi tentang kesadaran berlalu lintas. Salah satunya bagaimana caranya memberi arahan terkait penggunaan kendaraan bermotor oleh anak usia dibawah umur,” paparnya.

 

Lebih lanjut ia menerangkan, Kampung Sadar Lalu Lintas ini bukan hanya terkait sarana dan prasarana lalu lintasnya saja. Tetapi lebih menyasar pada manusianya, dimana akan menjadi komunitas warga yang sadar akan lalu lintas. Pada tahap awal pembentukan Kampung Sadar Lalu Lintas ini diperlukan data, diantaranya adalah jumlah kendaraan dan kelengkapannya, jumlah warga, jumlah pemilik SIM dan jumlah sarana serta prasarana lalu lintas yang ada. “Jika data tersebut sudah ada, maka pihak Kecamatan dapat berkoordinasi melalui Babinkamtibnas yang akan menyampaikan pada pihak Satlantas Polresto Bekasi Kota,” katanya.

Selanjutnya, AKBP I Nengah Adi Putra, S.IK mengatakan akan dijadwalkan pelatihan Safety Riding di Kecamatan Bekasi Timur. Guna dapat terwujudnya rencana tersebut, maka diperlukan lahan luas untuk dijadikan tempat pelatihan bagi warga yang ingin mengikuti.

 

Sementara itu, Camat Bekasi Timur Gutus Hermawan EP, S.IP mengatakan pihaknya sudah memahami Kampung Sadar Lalu Lintas ini titik beratnya adalah bagaimana didalamnya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas. “Kalau seperti itu, tidak ada salahnya salah satu Kelurahan di Bekasi Timur akan menjadi Kampung Sadar Lalu Lintas. Mungkin Kelurahan Duren Jaya bisa mewakili Kelurahan yang lain,” ungkapnya.

Gutus menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut berkaitan dengan syarat-syarat yang perlu dipersiapkan untuk menjadikan Kelurahan Duren Jaya Kampung Sadar Lalu Lintas. “Tentu ada indikator penilaian suatu wilayah dapat menjadi Kampung Sadar Lalu Lintas, misal data-data seperti yang disebutkan tadi. Kami akan mempersiapkannya sehingga kriteria-kriteria tersebut dapat terpenuhi. Diharapkan saat launching nanti Kecamatan Bekasi Timur bisa menjadi contoh di tingkat nasional,” imbuhnya.

 

 

Baca Juga

Kategori Berita

TERKINI